"WPAP" melukis manusia dengan lebih mudah

wpap

Sebelumnya saya mau tanya apakah ada yang sudah tau WPAP atau mungkin sudah ahli di bidang tersebut, kalo yang belum tau saya akan beri tau , WPAP itu singkatan dari Wedha's Pop Art Portrait, iya Wedha adalah seorang ilustrator di sebuah majalah besar dan terkenal, yaitu majalah hai.Wedha mulai mengaplikasikan aliran pop art pada ilustrasi nya sejak tahun 1990-an dan usianya sudah mencapai 40 tahun. Di usianya yang tidak lagi muda , ia mengalami daya penurunan dalam penglihatan yang mengakibat kan dirinya sulit untuk melikis manusia secara realis sebagai objeknya. Dalam keadaan itulah Wedha mencari cara untuk melukis manusia dengan sedikit lebih mudah , yaitu membayangkan wajah manusia sebagai kumpulan bidang-bidang datar yang dibentuk oleh garis-garis imajiner.Dan ini adalah karya asli buatan indonesia. 

Demikian sejarah singkat yang dapat saya bagikan. lanjut WPAP dapat dikerjakan atau dibuat di banyak aplikasi, seperti CorelDraw, PhotoShop, Paint, di microsoft office word juga bisa jika anda serius dan tekun dalam pembuatannya. teknik melukis ala WPAP itu dengan membuat garis-garis tegas dan tidak ada kurva atau lengkungan, jadi kita tinggal menseleksi objek dengan pen tool misalnya di CorelDraw dengan menurut garis gelap terangnya. Setelah itu beri warna di setiap bidangnya dengan memperhatikan warna gelap terang, dan disarankan untuk menggunakan warna skinton lebih dahulu . Membuat WPAP itu kegiatan yang paling mudah dikerjakan di depan layar komputer, kalian juga bisa mencobanya dengan foto kalin terlebih dahulu sebelum foto-foto orang yang terkenal. Ingat di setiap proses pembuatan WPAP terdapat pembelajaran yang akan  anda dapatkan sendiri, maka lama kelamaan karya anda juga semakin bagus.  

Nah saya akan memperlihatkan karya saya  mulai dari pertama saya membuat WPAP sampai saat ini, padahal saya juga masih pemula , kurang lebih baru dua bulan saya mengenal WPAP.

wpap
 Ini adalah karya pertama saya, yang dibuat dengan menggunakan foto saya sendiri.Memang masih culun.

wpap
Ini karya ke-2 saya, terlihat disini banyak sekali perubahan dalam segi keberanian memainkan warna.

wpap
Ini karya ke-3, terlihat sudah mulai rumit dalam pemberian facet atau bidang-bidangnya.

wpap
Ini karya ke-4, sudah mulai terlihat menarik dan berani dalam memunculkan gelap terang

wpap




wpap

Ini karya ke 5 dan 6 ,saya mulai berani membuat WPAP foto - foto artis terkenal.

Saya mencoba dan terus mencoba, dan terlihat perubahan karya saya dari masa kemasa, anda juga bisa bahkan mungkin lebih baik dari saya, dan pasti saya akan membuat lagi- membuat lagi WPAP yang lebih baik lagi.Dan jika anda tertarik membuat WPAP saya sarankan anda bergabung di komunitas WPAP di facebook di bawah ini,
http://www.facebook.com/groups/wpapchaptercirebon/
di WPAP chapter cirebon ini, anda dapat meng upload karya anda dan nantinya akan di beri komentar-komentar yang membangun dari para master untuk karya anda.
terimakasih.


referensi :
http://bowokarikatur.blogspot.com/2010/12/sejarah-wpap.html



No comments:

Post a Comment