METODE GREEDY (Knapsack problem)

greedy










Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dipusingkan dengan media penyimpanan yang terbatas padahal kita diharuskan menyimpan beberapa objek kedalam media tersebut.
Bagaimana kita mengatur objek apa saja yang dipilih dan seberapa besar objek tersebut disimpan?
Dari permasalahan tersebut, munculah suatu permasalahan yang dikenal dengan “Permasalahan Knapsack” atau lebih dikenal dengan “Knapsack Problem”. Masalah Knapsack merupakan suatu permasalahan bagaimana memilih objek dari sekian banyak dan berapa besar objek tersebut akan disimpan sehingga diperoleh suatu penyimpanan yang optimal dengan memperhatikan objek yang terdiri dari n objek (1,2,3,...) dimana setiap objek memiliki bobot (Wi) dan profit (Pi) dengan memperhatikan juga kapasitas dari media penyimpanan sebesar M dan nilai probabilitas dari setiap objek (Xi).
Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan 3 cara, yaitu :1. Matematika, 2. Kriteria Greedy, dan              3. Algoritma Greedy. Dalam kasus ini penulis mencoba menyelesaikan dengan 3 cara di atas.
Metode Greedy merupakan salah satu cara untuk mendapatkan solusi optimal dalam proses penyimpanan. Pada metode ini untuk mendapatkan solusi optimal dari permasalahan yang mempunyai dua kriteria yaitu Fungsi Tujuan/Utama dan Nilai Pembatas (Constrain). Fungsi Tujuan hanya terdiri atas satu fungsi sedangkan Fungsi Pembatas dapat terdiri atas lebih dari satu fungsi.
Proses Kerja Metode Greedy
Menyelesaikan suatu masalah dengan beberapa fungsi pembatas untuk mencapai satu fungsi tujuan. Jadi dalam penyelesaiannya harus ditentukan mana sebagai fungsi pembatas dan mana sebagai fungsi tujuan.
Cara menyelesaikan masalah Knapsack adalah
1.    Tentukan Fungsi Tujuan, yaitu mencari nilai maximum dari jumlah hasil perkalian antara nilai profit (Pi) dengan nilai probabilitas (Xi)
Maximum ∑Pi.Xi
2.    Tentukan Fungsi Pembatas, yang merupakan hasil penjumlahan dari perkalian antara bobot (Wi) dengan nilai probabilitas (Xi) yang tidak boleh melebihi dari kapasitas media penyimpanan (M)
∑Wi.Xi≤M, dimana
0≤Xi≤1, Pi>0, Wi>0
Dari ke-2 cara di atas berarti kita harus mengetahui
1.    Jumlah objek (n)
2.    Bobot setiap objek (Wi)
3.    Profit setiap objek (Pi)
4.    Probabilitas setiap objek (Xi), dan
5.    Kapasitas media penyimpanan (M)

Seperti penulis sudah sampaikan di atas bahwa permasalahan knapsack ini bisa diselesaikan dengan 3 cara, yaitu matematika, kriteria greedy dan algoritma greedy.
Penulis mencoba untuk membahas satu persatu.
1.    Cara Matematika, kita harus memperhatikan nilai probabilitas dari setiap barang, karena nilai inilah sebagai penentunya dengan memperhatikan nilai probabilitas (Xi) yaitu 0≤Xi≤1. Disini nilai Xi kisarannya sangat banyak bisa 0, 0.1, 0.01, 0.001, ...., 1.

2.    Kriteria greedy dengan memperhatikan:
a.    Pilih objek dengan nilai profit terbesar (Pi)
b.    Pilih objek dengan bobot terkecil (Wi)
c.    Pilih objek dengan nilai perbandingan profit dengan bobot yang terbesar (Pi/Wi)

3.    Algortima greedy, yaitu
PROCEDURE GREEDY KNAPSACK (P, W, X, n)
REAL  P(1:n), W(1:n), X(1:n), M, isi
INTEGER i, n
X(1:n) = 0
isi = M
FOR i = 1 TO n DO
            IF  W(i) > isi THEN EXIT ENDIF
            X(i) = 1
            isi = isi – W(i)
REPEAT
IF i ≤ n THEN X(i) = isi/W(i) ENDIF
END GREEDY KNAPSACK
Teknik yang ke-3 ini akan efektif jika objek disusun secara tidak naik (non increasing) berdasarkan nilai Pi/Wi.

Contoh :
Diketahui 3 barang yang akan disimpan pada suatu tempat yang memiliki kapasitas maksimal sebesar 20 Kg. Berat masing-masing barang adalah 18 Kg, 15 Kg, dan 10 Kg dimana setiap barang memiliki profit sebesar masing-masing 25, 24, dan 15. Tentukan barang mana saja yang dapat disimpan ke dalam tempat penyimpanan sehingga diperoleh nilai profit yang maksimal.
Jawab
1.    Cara matematika
n = 3, (1, 2, 3)   à  objek
M = 20 à kapasitas
(W1, W2, W3) = (18, 15, 10)
(P1, P2, P3) = (25, 24, 15)
Nilai probabilitas 0 ≤ Xi ≤ 1
Solusi ke
Nilai Probabilitas
Fungsi Pembatas
Fungsi Tujuan
∑ Wi.Xi ≤ M
∑ Pi.Xi (Maximum)
(X1, X2, X3)
(W1. X1) + (W2. X2) + (W3. X3) ≤ M
(P1. X1) + (P2. X2) + (P3. X3)
1
(1, 2/15, 0)
(18.1) + (15.2/15) + (10.0) ≤ 20
(25.1) + (24.2/15) + (15.0)


20
28,2
2
(1, 0, 1/5)
(18.1) + (15.0) + (10.1/5) ≤ 20
(25.1) + (24.0) + (15.1/5)


20
28
3
(0, 1, ½)
(18.0) + (15.1) + (10.1/2) ≤ 20
(25.0) + (24.1) + (15.1/2)


20
31,5
4
(1/3, ½, ½)
(18.1/3) + (15.1/2) + (10.1/2) ≤ 20
(25.1/3) + (24.1/2) + (15.1/2)


18,5
27,83
...
....
....
....

Dengan cara ini sulit untuk menentukan yang paling optimal sebab  kita harus mencari nilai probabilitas yang tersebar antara 0 dan 1, 0 ≤ Xi ≤ 1 untuk setiap objek. Cara ini disarankan tidak digunakan.
2.    Cara kriteria greedy
n = 3, (1, 2, 3)   à  objek
M = 20 à kapasitas
(W1, W2, W3) = (18, 15, 10)
(P1, P2, P3) = (25, 24, 15)
Nilai probabilitas 0 ≤ Xi ≤ 1
Kriteria greedy :
a.    Pilih objek dengan nilai profit terbesar (Pi)
Susun data sesuai kriteria:
(P1, P2, P3) = (25, 24, 15)
(W1, W2, W3) = (18, 15, 10)
Solusi ke
Nilai Probabilitas
Fungsi Pembatas
Fungsi Tujuan
∑ Wi.Xi ≤ M
∑ Pi.Xi (Maximum)
(X1, X2, X3)
(W1. X1) + (W2. X2) + (W3. X3) ≤ M
(P1. X1) + (P2. X2) + (P3. X3)
a
(1, 2/15, 0)
(18.1) + (15.2/15) + (10.0) ≤ 20
(25.1) + (24.2/15) + (15.0)


20
28,2
b.    Pilih objek dengan bobot terkecil (Wi)
Susun data sesuai kriteria:
(P3, P2, P1) = (15, 24, 25)
(W3, W2, W1) = (10, 15, 18)
Solusi ke
Nilai Probabilitas
Fungsi Pembatas
Fungsi Tujuan
∑ Wi.Xi ≤ M
∑ Pi.Xi (Maximum)
(X3, X2, X1)
(W3. X3) + (W2. X2) + (W1. X1) ≤ M
(P3. X3) + (P2. X2) + (P1. X1)
b
(1, 2/3, 0)
(10.1) + (15.2/3) + (18.0) ≤ 20
(15.1) + (24.2/3) + (25.0)


20
31

c.    Pilih objek dengan nilai perbandingan profit dengan bobot yang terbesar (Pi/Wi)
Data yang diketahui:
(P1, P2, P3) = (25, 24, 15)
(W1, W2, W3) = (18, 15, 10)
perbandingan profit dengan bobot
P1/ W1 = 25/18 = 1,39
P2/ W2 = 24/15 = 1,6
P3/ W3 = 15/10 = 1,5
Susun data sesuai kriteria:
(P2, P3, P1) = (24, 15, 25)
(W2, W3, W1) = (15, 10, 18)

Solusi ke
Nilai Probabilitas
Fungsi Pembatas
Fungsi Tujuan
∑ Wi.Xi ≤ M
∑ Pi.Xi (Maximum)
(X2, X3, X1)
(W2. X2) + (W3. X3) + (W1. X1) ≤ M
(P2. X2) + (P3. X3) + (P1. X1)
c
(1, 1/2, 0)
(15.1) + (10.1/2) + (18.0) ≤ 20
(24.1) + (15.1/2) + (25.0)


20
31,5
Dari 3 kriteria di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi tujuan yang bernilai maximum adalah 31,5 dengan fungsi pembatasnya adalah 20 dan nilai probabilitasnya adalah (X2, X3, X1) = (1, 1/2, 0), jadi disini yang memeberikan hasil optimal pada kriteria yang ke-3 yaitu Pilih objek dengan nilai perbandingan profit dengan bobot yang terbesar (Pi/Wi)
3.    Cara algoritma greedy
Teknik ini akan efektif jika objek disusun secara tidak naik (non increasing) berdasarkan nilai Pi/Wi.
Data yang diketahui:
n = 3, (1, 2, 3)   à  objek
M = 20 à kapasitas
(W1, W2, W3) = (18, 15, 10)
(P1, P2, P3) = (25, 24, 15)
Nilai probabilitas 0 ≤ Xi ≤ 1
perbandingan profit dengan bobot
P1/ W1 = 25/18 = 1,39
P2/ W2 = 24/15 = 1,6
P3/ W3 = 15/10 = 1,5
Susun data sesuai kriteria (non increasing):
(P2, P3, P1) = (24, 15, 25) atau
(P1, P2, P3) = (24, 15, 25)
(W2, W3, W1) = (15, 10, 18) atau
(W1, W2, W3) = (15, 10, 18)
Masukkan nilai kriteria di atas ke dalam algoritma greedy
1.    PROCEDURE GREEDY KNAPSACK (P, W, X, n)     à nama prosedur/proses
2.    REAL  P(1:n), W(1:n), X(1:n), M, isi     à variabel yang digunakan
3.    INTEGER i, n    à variabel yang digunakan
4.    X(1:n) = 0
5.    isi = M
6.    FOR i = 1 TO n DO
7.  IF  W(i) > isi THEN EXIT ENDIF
       8.    X(i) = 1
9.     isi = isi – W(i)
10. REPEAT
11. IF i ≤ n THEN X(i) = isi/W(i) ENDIF
12. END GREEDY KNAPSACK   à akhir prosedur/proses
Proses kegiatan dimulai dari langkah ke- 4 sampai dengan 11.
X(1:3) = 0, artinya X(1)=0, X(2)=0, X(3)=0
isi = M = 20
Pengulangan untuk i = 1 sampai dengan 3



Untuk i = 1
          Apakah W(1) > isi
                 Apakah 15 > 20, jawabnya tidak, karena tidak maka perintah dibawah IF dikerjakan.
                 X(1) = 1 à nilai probabilitas untuk objek pada urutan pertama (X1)
                 isi = 20 – 15 = 5
REPEAT à mengulang untuk perulangan FOR
Untuk i = 2
          Apakah W(2) > isi
                 Apakah 15 > 5, jawabnya ya, karena ya maka perintah EXIT dikerjakan, yaitu keluar dari pengulangan/FOR dan mengerjakan perintah di bawah REPEAT.
                 Apakah 2 ≤ 3, jawabnya ya, karena ya maka X(2) = 5/10 = ½ à nilai probabilitas untuk objek pada urutan kedua (X2).
Selesai (akhir dari prosedur greedy knapsack)
Berarti untuk nilai X(3) = 0 atau X3 = 0, sebab nilai probabilitas untuk objek ke-3 tidak pernah dicari.
Jadi
 (P1, P2, P3) = (24, 15, 25)
(W1, W2, W3) = (15, 10, 18)
(X2, X3, X1) = (1, 1/2, 0)
Fungsi Pembatas :
∑ Wi.Xi ≤ M
(W1. X1) + (W2. X2) + (W3. X3) ≤ M
(15.1) + (10.1/2) + (18.0) ≤ 20
20 ≤ 20
Fungsi Tujuan :
∑ Pi.Xi = (P1. X1) + (P2. X2) + (P3. X3)
            = (24.1) + (15.1/2) + (25.0)
            = 31,5

Latihan :
Diketahui 4 barang yang akan disimpan pada suatu tempat yang memiliki kapasitas maksimal sebesar 30 Kg. Berat masing-masing barang adalah 15 Kg, 10 Kg, 18 Kg dan 20 Kg dimana setiap barang memiliki profit sebesar masing-masing 20, 25, 9, dan 15. Tentukan barang mana saja yang dapat disimpan ke dalam tempat penyimpanan sehingga diperoleh nilai profit yang maksimal (Cari dengan kriteria greedy dan algoritma greedy).

 








No comments:

Post a Comment