Arti Kata " Lebaran "


lebaran




Assalamu 'alaikum, kawan-kawan muslim dimanapun anda berada, di akhir-akhir bulan Ramadhan ini semoga kita tetap istikhomah menjalankan ibadah puasa dan ibadah-ibadah yang lainnya sampai tuntas. Lebaran tinggal beberapa hari lagi, hari kemenangan sebentar lagi datang, marilah kita mempersiapkan diri untuk menyambutnya.


Lebaran, seringkali kita menyebut, mengucapkan, atau mendengar kata ini, namun apakah kalian tau, atau mengerti arti dari kata tersebut. Lebaran sering diartikan sebagai maaf-maafan, salam-salaman, beli baju baru, dan yang lainnya.

Lebaran sebenarnya yang saya tau dari berbagai sumber referensi adalah selesai dari masa paceklik, dari masa sengsara, dari haus dan laparnya puasa. Jadi lebaran adalah hari dimana kita mendapat kebahagian, mendapat balasan dari pengorbanan selama kita berpuasa, dan kemenangan bagi kita yang melaksanakannya.


Kata-kata yang berkaitan dengan lebaran, di antaranya:

Leburan      : mohon maaf lahir batin yang kita ucapkan sambil berjabat tangan pada saat idul fitri sebenarnya itu meruntuhkan dosa, melebur dosa. (leburan)

Luberan      : pada menjelang idul fitri banyak orang yang bagi-bagi sembako, bagi-bagi rezeki itu berarti kita berlebih, luber kalau di artikan air yang melimpah sehingga keluar dari wadah penampungnya. (luberan)

Laburan     : menjelang idul fitri kita sering bersih-bersih, memperindah rumah-rumah dengan mengecatnya atau dalam bahasa jawa dilabur. (laburan)

Liburan       : kalau menjelang hari raya idul fitri sekolah-sekolah, perusahaan-perusahaan kecuali perusahaan retailer (karna menjelang hari raya pasti ramai pembeli), dan pemerintahan semuanya libur dari segala aktivitasnya. (liburan)


Mudah-mudahan dihari idul fitri nanti kita bisa kembali fitrah, bukan yang sebelum ramadhan kita pemarah kemudian saat ramadhan kita jadi lebih sabar setelah idul fitri kita kembali kefitrahnya jadi pemarah lagi, jangan ya. 

Sekian informasi dari saya, semoga dapat bermanfaat, kurang lebihnya saya mohon maaf, wassalau’alaikum.















No comments:

Post a Comment