Harddisk

harddiskHarddisk (HD) atau harddisk drive (HDD) adalah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Hard disk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Sekarang kita lihat lebih jauh tentang harddisk.


Spesifikasi Harddisk  :
Zaman dahulu harddisk terdiri dari 50 piringan berukuran 0,6 meter dengan kecepatan rotasinya mencapai 1200 rpm dengan kapasitas penyimpanan 4.4 MB. Harddisk zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0.6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar harddisk saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3.5 inchi.





Keunggulan dan kelemahan harddisk :
Keunggulannya data yang disimpan  dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang di tampung. Kelemahannya sifatnya yang rapuh tidak tahan guncangan, harddisk bisa di katagorikan sebagai barang pecah belah.

           Dalam perkembangannya kini harddisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk kini juga tidak hanya dapat terpasang didalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.


No comments:

Post a Comment